Game PC keluar sendiri

6 Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri PC / Laptop (Simpel!)

Game pc keluar sendiri”, “Game laptop juga”, “Lagi main keluar pesan has stopped working” “Game crash?”

Ini pertanyaan, yang seriing saya dapat dari teman-teman. Gimana nggak? Game yang biasanya pengen kita mainin dengan nyaman, justru sering berhenti. Kalau di Android sih, namanya force close.

Ngomong-ngomong, saya sendiri juga sering main game di PC.. Dari yang jadul-jadul (SNES, Gameboy dll), sampai game keluaran terbaru seperti Tomb Raider 2018, Hitman 6 dan seterusnya (Kalo rilis baru), sudah banyak saya mainin.

Jadi..

Masalah game force close ini, buat saya masalah biasa, karena saking seringnya dulu ngalamin.

Tapi dulu yak, sekarang sih nggak lagi hehe. Soalnya yah, sudah tahu apa penyebabnya, dan gimana cara mengatasinya.

Dan buat kamu yang penasaran, ayo kita bahas disini.

Penyebab Game PC Keluar Sendiri


Oke, pertama bahas dulu apa penyebabnya.

Untuk penyebabnya sendiri, disini banyak lho. Tapi tenang, nggak semuanya perlu kamu fokusin, karena sebagian hanya berikut :

Spek PC / Laptop Terlalu Lemah : Spek PC maupun Laptop, punya desain yang berbeda-beda, dan disesuaikan sesuai kebutuhan.

Ini berbanding terbalik, dengan game Komputer yang rata-rata punya ‘minimum’ spek tersendiri. Makin bagus gambar gamenya, makin berat pula spek minimumnya.

Nah, kalau spek PC / Laptop yang kita pakai terlalu jauh dari kebutuhan minimum game tersebut, maka dijamin, game bakal sering mengalami force close, malah waktu baru mau main.



Game Banyak Bug : Game-game sekarang ini sudah banyak dioptimalisasi. Tapi jangan salah, nggak jarang juga ada bug-bug tertentu yang tertinggal di game.

Efeknya macam-macam, kadang bisa bikin game hang, atau ya menutup secara paksa.



Sistem kamu nggak sesuai : Game-game tertentu (Terutama game baru), ada yang support operating system tertentu (Kita nyebutnya Windows).

Nah, ini kalau nggak sesuai, bisa membuat game jadi nggak bisa kebuka, atau mental keluar lagi.



Sistem kamu nggak stabil : Nggak stabil disini maksudnya, hmm.. sering hang begitulah. Ini bisa mengefek ke game, seenggaknya hingga 68%.



Kamu belum install file-file yang dibutuhin : File-file disini maksudnya untuk sistem. Ini yang paling sering orang-orang alami. Lengkapnya, kita bahas nanti ya.



Lanjut! Berikut cara mengatasinya :

Cara Mengatasi Game PC Keluar Sendiri / Force Close / Stopped Working / Crash


1. Pastikan Spek PC / Laptop Kamu Kuat!


Karena setiap game punya spek masing-masing, pertama kita harus cari dulu minimum speknya. Caranya gampang sekali :

Kamu buka Google, terus ketik “System requirements #GameKamu” (Tanpa tanda kutip). Misalnya “System requirements MotoGP 18″. Maka akan muncul infonya kayak gini :

Spek laptop untuk game
Bisa cek di hasil paling atas, atau cek salah satu website


Nah, selanjutnya kamu cek spek PC atau Laptop kamu. Caranya klik tombol Windows + R >> Ketik DXDIAG >> Lalu klik OK :

DXDIAG Windows 10



Disini kamu bisa liat spek Processor kamu, RAM dan VGA (Liat di tab Display) :

Terus.. Gimana cara cek kuat atau nggaknya?

Nah, disini, kalau saya sebenernya tinggal kira-kira aja, ngebandingin antara spek Processor + VGA. Ini kuat atau nggak? Setting low atau high? Udah gitu aja.

Tapi kalau kamu pengen ikutin kaya saya, seenggaknya harus familiar sama komponen Komputer kan?

Solusinya, kamu bisa coba gabung grup-grup komputer (Atau gamer PC, bukan Android), terus tanyain spek kamu kuat atau nggak :

Spek untuk game baru



Simpel. Tapi inget, tanyain selengkap mungkin. Tulis spek kamu (Kalo bisa pake screenshot DXDIAG) + judul gamenya.

Terus cari juga grup yang kira-kira banyak orang yang udah expert (Paham), bukan grup anak-anak, supaya nggak ngaco.

Kalo mau lebih gampang, kamu kirim saja spek kamu dan game yang mau kamu mainkan di kolom komentar, biar mimin sendiri yang bantu.

2. Install File Sistem Yang Dibutuhkan


Apa yang kamu lakukan, ketika baru menginstall Windows? Pasti langsung install aplikasi yang kamu butuhin kan? Browser, Antivirus, Driver dan lain-lain.

Nah, ini banyak yang belum tahu, kalau game juga sebenernya demikian sama.

Ada beberapa software sistem yang perlu kamu install, agar game bisa berjalan dengan baik. Yaitu :

  • DirectX C
  • Microsoft Visual C ++ 2005 (32 bit)
  • Microsoft Visual C ++ 2005 (64 bit)
  • Microsoft Visual C ++ 2008 (32 bit)
  • Microsoft Visual C ++ 2008 (64 bit)
  • Microsoft Visual C ++ 2010 (32 bit)
  • Microsoft Visual C ++ 2010 (64 bit)
  • Microsoft Visual C ++ 2012 (32 bit)
  • Microsoft Visual C ++ 2012 (64 bit)
  • Microsoft Visual C ++ 2013 (32 bit)
  • Microsoft Visual C ++ 2013 (64 bit)
  • Microsoft Visual C ++ 2017 (32 bit)
  • Microsoft Visual C ++ 2017 (64 bit)
  • Microsoft NET Framework 4.6 (Atau yang terbaru jika ada)



Downloadnya dimana?

Kamu bisa download di website resmi Microsoft. Googling aja, banyak kok.

Cara installnya?

Cara installnya sama aja kayak install game biasa. Malah lebih simpel, karena habis install, kamu nggak perlu ngapa-ngapain lagi (Udah otomatis masuk sistem).

Psst, btw di folder installan game, kadang file-file ini bisa kamu temukan. Coba cek folder redist. 

Tapi kalau ada ya..

3. Update Dulu Game Kamu


Kalo yang ini biasanya kalau force closenya muncul pas di tengah-tengah permainan.

Seperti yang saya bilang tadi, ini erat kaitannya sama bug. Alias kesalahan program dari developer gamenya.

Untuk cara mengatasinya, well nggak ada cara lain selain update gamenya.

Caranya?

Nyalain internet kamu, kalau game kamu original, kamu bisa dapat updatenya secara GRATIS. Pastiin aja ada banyak kuota (Karena sizenya rata-rata ratusan sampai beberapa GB).

Tapi nggak mesti dari gamenya juga bisa. Kamu coba cek situs-situs game, cari di kategori patch, disana banyak updatenya.

4. Optimalkan Sistem Kamu



Sistem nggak optimal, suka ngehang, ngelag, macet-macet, ini bisa pengaruh ke game sampai 64%.

Salah satu efek yang paling sering keluar, game jadi patah-patah, sampai nggak bisa masuk (Auto keluar sendiri).

Untuk ini, ada beberapa tips optimalisasi sistem yang bisa dilakukan :


Defrag Harddisk : Caranya pada kolom search >> Ketik Defrag >> Terus defrag semua drive darisana.

game crash

Matikan service nggak perlu : Caranya ketik MSCONFIG >> Masuk ke tab service >> disable program yang nggak perlu. Lakukan juga hal yang sama, pada tab startup.

game stopped working

Matikan efek Windows nggak perlu : Di icon This PC >> Klik kanan >> Properties >> Masuk ke Advanced System Settings >> Settings pada tab Performance >> Lalu setting visual effect sesuai kebutuhan.

game laptop keluar sendiri

Pakai CCleaner : Download dulu CCleaner >> masuk tab registry >> scan >> lalu bersihkan hasilnya.

game tiba tiba close

5. Periksa Sistem Operasi Kamu



Sistem operasi sekarang, kebanyakan game mendukungnya Windows. Tapi, Windows ini punya banyak versi.

Pertanyaannya, apakah versi Windows yang kamu pakai, sesuai dengan game yang ingin dimainkan?

Oke, sebagai gambaran, game-game baru saat ini rata-rata cuma support Windows 10. Itupun yang versi 64 bit.

Nah, kalau kamu coba install game baru tersebut di Windows 7, meskipun 64 bit, maka game tersebut nggak akan bisa berjalan, melainkan hanya crash saja.

Terus gimana cara ceknya?

Gampang, untuk cek sistem kita, bisa lewat DXDIAG. Untuk game, pakai metode nomor satu diatas (System requirements), itu pasti tertera versi Windowsnya juga. Nah, kamu tinggal sesuaikan aja..

Tapi ya.. Rekomendasi saya sih, kalau bisa pakai Windows 10 64 bit aja. Alasannya karena Windows ini paling support semua game..

Dengan catatan PC atau Laptop kamu speknya minimal lumayan oke, biar nggak berat.

Cara gantinya gimana min?

Nah, kalo yang ini mau nggak mau harus install ulang hehe..


6. Pastikan Gamenya Nggak Corrupt


Ini tips tambahan, kalau kamu udah ngikutin semua cara diatas, tapi belum berhasil.

Karena bisa jadi game yang kamu mainin, ada file corruptnya.

Kok bisa min?

Bisa aja, misalnya emang dari bawaan waktu install, donlod dan lain sebagainya. Efeknya game jadi nggak stabil waktu dimainin.

Cara mengatasinya, pertama, coba reinstall gamenya.

Kedua, coba reinstall gamenya, tapi memakai data dari installer lain.

Akhir kata


Nah, demikian sedikit informasi cara mengatasi game crash, stopped working, force close (Nggak tau saya mau fokus yang mana, soalnya sama).

Yah, intinya tutor ini ditujukan untuk memperbaiki game yang suka keluar sendiri, dan ditulis khusus untuk kamu yang sedang mengalaminya.

Kalau kamu sudah mengikuti cara-cara diatas, bisa saya jamin, 100% game yang kamu mainkan nggak akan error lagi.

Ada yang mau ditanya? Silakan kirim aja lewat kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.


Total
0
Shares
Total
0
Shares
0 Like
0 Tweet
0 Pin it
0 Share
1

4 Comments

  1. Davyn Aquilla
  2. Raka Maulana Sudjatmadipura

Write a Comment